Apakah anak laki laki yang sudah mengeluarkan air mani dalam keadaan tidak terjaga(tidak mimpi basah…

Diposting pada

Pertanyaan

Apakah anak laki laki yang sudah mengeluarkan air mani dalam keadaan tidak terjaga(tidak mimpi basah),pertama kalinya keluar air mani, bisa di katakan baligh?,dan apakah bisa juga mengeluarkan madzi dan wadhi?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Apakah anak laki laki yang sudah mengeluarkan air mani dalam keadaan tidak terjaga(tidak mimpi basah),pertama kalinya keluar air mani, bisa di katakan baligh?,dan apakah bisa juga mengeluarkan madzi dan wadhi?

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمْ

pembahasan

==> Anak yang sudah dikatakan baligh adalah jika sistem reproduksinya sudah matang atau sudah berfungsi dengan sempurna . Jika anak perempuan ditandai dengan keluarnya darah haid dan jika anak laki laki ditandai dengan mimpi basah atau keluarnya air mani . Jika anak laki laki keluar air mani pada saat tidak terjaga atau masih sadar maka dia sudah bisa disebut sudah baligh .

==> Nabi SAW bersabda :”Terangkatlah pertanggungjawaban dari tiga golongan, yaitu orang tidur hingga ia bangun, anak-anak hingga ia ihtilam (bermimpi basah dan mengeluarkan mani), dan orang gila hingga ia sembuh (kembali berakal).”

==> Air madzi

adalah air yang keluar dari kemaluan laki laki maupun perempuan , air ini mempunyai ciri ciri yakni lengket dan berwarna putih dan keluar karena syahwat melakukan hubungan suami istri .air ini hukumnya najis dan jika terkena pakaian maka cukup memercikkan air ke pakaian yang terkena air madzi tersebut . Dan membasuh far’ ji atau kemaluan .Air mani hukumnya adalah suci dan keluar disertai pancaran dan rasa nikmat serta jika keluar membuat badan lemas . orang yang keluar air mani wajib melakukan mandi besar .

Sebagaimana hadist berikut ;

Cukup bagimu dengan mengambil segenggam air, kemudian engkau percikkan bagian pakaian yang terkena air madzi tersebut.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah .)

==> Air wadhi

adalah air yang keluar setelah buang air kecil yang mempunyai tekstur lengket berwarna putih kental .air ini termasuk najis dan cara menyucikannya sama dengan air madzi . dan tidak perlu melakukan mandi wajib untuk menyucikan badan akan tetapi dengan membersihkan kemaluan dan berwudlu saja .

Kesimpulannya ;

● Jadi untuk anak berumur 12 tahun bisa juga mengeluarkan air madzi atau wadhi karena rujukannya sudah mengeluarkan air mani atau sudah baligh . Dan juga anak laki laki dikatakan sudah baligh jika memgeluarkan air mani baik dalam keadaan sadar ataupun tidak.