asimilasi budaya bukan merupakan fenomena baru di Indonesia, bahkan sudah sejak zaman hindu-budha di…

Diposting pada

Pertanyaan

asimilasi budaya bukan merupakan fenomena baru di Indonesia, bahkan sudah sejak zaman hindu-budha di Indonesia telah terjadi banyak asimilasi budaya, mengapa fenomena tersebut dapat terjadi ?

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: asimilasi budaya bukan merupakan fenomena baru di Indonesia, bahkan sudah sejak zaman hindu-budha di Indonesia telah terjadi banyak asimilasi budaya, mengapa fenomena tersebut dapat terjadi ?

Jawaban:

Asimilasi budaya bukan merupakan fenomena baru di Indonesia, bahkan sudah sejak zaman hindu-budha di Indonesia telah terjadi banyak asimilasi budaya. Fenomena tersebut terjadi karena adanya usaha-usaha mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Pembahasan:

Halo, BrainlyLovers!

Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah kajian dari pelajaran geografi dengan tema asimilasi budaya.

  • Asimilasi budaya adalah hilangnya ciri khas budaya asli karena adanya pembauran dua kebudayaan hingga membentuk kebudayaan baru. Hal ini sudah terjadi sejak jaman dulu dari jaman hindu-budha di Indonesia. Asimilasi kebudayaan menjadi satu hal yang perlu untuk dilakukan sebagai upaya tercapainya kepentingan dari masing-masing masyarakat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa asimilasi kebudayaan itu dianggap perlu untuk dilakukan :

  1. Agar muncul rasa toleransi antar umat beragama. Ketika sudah ada pengertian tentang perbedaan dalam beragama maka akan muncul rasa untuk saling menghargai umat yang berbeda.
  2. Persamaan kesempatan dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Bagaimanapun juga manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Kebutuhan ekonomi akan terasa lebih mudah tercukupi jika setiap perbedaan itu menjadi terleburkan
  3. Adanya keinginan rasa terbuka terhadap masyarakat luas. Ketika sudah terbuka terhadap orang lain maka orang lain juga akan terbuka dan rasa persaudaraan menjadi semakin lebih erat.
  4. Adanya perasaan aman dari golongan minoritas terhadap golongan mayoritas.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang asimilasi kebudayaan dan semoga bermanfaat.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang adat Balimau bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/21397752
  2. Kajian tentang badai tropis yang ada di Indonesia bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/22654666
  3. Kajian tentang hubungan antara jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, persediaan barang dan jasa , persediaan sumber daya alam, dan kualitas lingkungan bisa cek link https://brainly.co.id/tugas/152856

Detail jawaban  

Kelas : 11

Mapel : Geografi

Bab 6 : Keragaman Budaya Bangsa

Kode : 11.8.2006  

Kata Kunci : Asimilasi Budaya, Kebudayaan, Fenomena Asimilasi Budaya