Fungsi unsur hara makro dan mikro

Diposting pada

Pertanyaan

Fungsi unsur hara makro dan mikro

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Fungsi unsur hara makro dan mikro

1. Nitrogen. Dalam jaringan tumbuhan nitrogen merupakan komponen penyusun dari banyak senyawa esensial bagi tumbuhan, misalnya asam-asam amino. Nitrogen juga merupakan unsur penyusun protein dan enzim.

2. Fosfor. Fosfor merupakan bagian yang esensial dari berbagai gula fosfat yang berperan dalam reaksi-reaksi pada fase gelap fotosintesis, respirasi, dan berbagai proses metabolisme lainnya. Fosfor juga merupakan bagian dari nukleotida dan fosfolipida penyusun membran.

3. Kalium berperan sebagai aktivator dari berbagai enzim yang esensial dalam reaksi-reaksi fotosintesis dan respirasi, serta untuk enzim yang terlibat dalam sintesis protein dan pati. Kalium juga berperan dalam mengatur potensi osmotik sel dan tekanan turgor sel.

4. Belerang. Sebagian besar belerang dalam tumbuhan terdapat sebagai penyusun asam amino sistein dan methionin serta untuk respirasi dan sintesis asam lemak.

5. Magnesium merupakan unsur penyusun klorofil dan aktivator dari berbagai enzim dalam reaksi fotosintesis, respirasi, dan pembentukan DNA dan RNA.

6. Kalsium. Peran penting unsur kalsium adalah sebagai pengikat antara molekul-molekul fosfolipida atau antara fosfolipida dengan protein penyusun membran. Kalsium juga memacu aktivitas beberapa enzim, tetapi juga menghambat aktivitas beberapa enzim lainnya.

7. Besi. Besi merupakan unsur hara esensial karena merupakan bagian dari enzim-enzim tertentu dan merupakan bagian dari protein yang berfungsi sebagai pembawa elektron pada fase terang fotosintesis dan respirasi.