jepang menjajah indonesia selama​

Diposting pada

Pertanyaan

jepang menjajah indonesia selama​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: jepang menjajah indonesia selama​

Jawaban:

jepang menjajah indonesia selama 3,5 tahun

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: jepang menjajah indonesia selama​

Jawaban:

Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, terhitung dari menyerahnya Belanda setelah serangan militer Jepang pada Perjanjian Kalijati (8 Maret 1942), hingga menyerahnya Jepang pada Sekutu di akhir Perang Dunia II (15 Agustus 1945).

Penjelasan:

Jepang menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung. Belanda menyerah setelah dikalahkan pasukan Jepang, yang menyerang Hindia Belanda, setelah serangan Jepang ke pangkalan Amerika Serikat di peral harbor, Hawaii, pada 7 Desember 1941.

Serangan dan pendudukan Jepang di Indonesia ini didasari oleh kebutuhan Jepang akan sumber daya alam di Indonesia, terutama minyak bumi, dalam upaya perang Jepang melawan China dan Amerika Serikat waktu itu di perang Dunia II.

Awalnya Jepang disambut baik karena Jepang dianggap sebagai pembebas dari Belanda. Jepang menahan para penjajah Belanda dan memberikan posisi di pemerintahan pada penduduk Indonesia. Propaganda Jepang juga menggambarkan pasukan Jepang sebagai pembebas dan Jepang sebagai Cahaya, Pelindung dan Pemimpin Asia.

namun kemudian, penjajahan jepang menyengsarakan rakyat, seiring dengan adanya pengambilan bahan makanan pokok oleh tentara Jepang yang menyebabkan kelaparan, dan prakter kerja paksa atau romusha.

Seiring dengan rangkaian kekalahan pertempuran di Samudera Pasifik yang dialami Jepang oleh Sekutu, Jepang kemudian menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan Jepang membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) (bahasa Jepang: Dokuritsu Junbi Chōsakai), sebuah Komite untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 29 April 1945 oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada, komandan Angkatan Darat ke-16 di Jawa.

Setelah jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada tanggal 15 Agustus 1945 kepada Sekutu. Para pemimpin bangsa Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.