Mengenal Benua Amerika dan Karakteristik Benua Amerika

Diposting pada
Benua Amerika
Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena   benua   tersebut   terdapat   Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.
Benua  Amerika  terletak  pada  1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS. Batas Benua Amerika ialah Samudra Arktik di utara,  Laut  Weddel,  Samudra  Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat.  Benua Amerika  merupakan  benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2. Perhatikanlah peta Benua Amerika berikut ini, cermatilah negara-negara yang menjadi bagiannya.

Catatan penting tentang Benua Amerika. Puncak tertinggi: Gunung Aconcagua (6.960 m). Bagian terendah: Death Valley (86 m di bawah permukaan laut). Sungai terpanjang: Sungai Amazon (6.300 km) Danau Terbesar: Danau Michigan (58.016 km2).

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah. Peta berikut menggambarkan pembagian wilayah Benua Amerika.

Tugas mengenai Pengetahuan tentang Benua Amerika.

1.   Jika kalian perhatikan peta Benua Amerika, terlihat ada banyak negara.  Negara-negara  tersebut  dapat  dikelompokkan  menjadi
beberapa wilayah atau region.  Negara mana saja yang berada  di daerah
Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia?
Benua Negara-Negara
Amerika Utara
Amerika Tengah
Amerika Selatan
Kepulauan Karibia

2.    Benua Amerika memiliki sejumlah wilayah atau region. Setiap wilayah memiliki karakteristik budaya tersendiri. Apa yang membedakan satu wilayah  dengan  wilayah lainnya  di Benua Amerika. Telusuri  informasi tersebut dari berbagai sumber, misalnya internet.

3.    Perhatikanlah peta benua Amerika dan tulislah nama-nama negara dan ibukotanya seperti pada tabel berikut ini! Carilah data dan informasinya dari berbagai sumber.

No. Nama Negara Nama Ibukota Luas Wilayah
1.
2.
dst.

4.   Sampaikan hasilnya di depan kelas.

Demikianlah materi singkat mengenai Benua Amerika, semoga dapat bermanfaat.