Sumber Sejarah Kerajaan Tulang Bawang

Diposting pada

Musafir tiongkok yang pernah mengunjungi nusantara pada abad vii yaitu i tsing yang merupakan seorang peziarah buddha dalam catatannya menyatakan pernah singgah di to lang p o hwang. K erajaan tulang bawang merupakan salah satu kerajaan hindu tertua di nusantara.

Pin Di Pendidikan

Ferrand disarankan untuk diidentifikasikan dengan tulang bawang yang terletak di daerah pantai tenggara pulau sumatera di selatan sungai palembang sungai musi.

Sumber sejarah kerajaan tulang bawang. Namun tulangbawang lebih merupakan satu kesatuan adat. Kerajaan kerajaan kecil dipantai sumatra bagian timur sekitar abad ke 7 antara lain tulang bawang melayu. Dalam sumber sejarah cina yang lain yaitu kitab t ai p inghuang yu chi yang ditulis pada tahun 976 983 m disebutkan sebuah kerajaan bernama t o lang p p huang yang oleh g.

Kerajaan ini berlokasi di sekitar kabupaten tulang bawang lampung sekarang. Seorang ahli sejarah bernama dr. Namun tulangbawang lebih merupakan satu kesatuan adat.

Ferrand disarankan untuk diidentifikasikan dengan tulang bawang yang terletak di daerah pantai tenggara pulau sumatera di selatan sungai palembang sungai musi. Tulang bawang yang pernah mengalami kejayaan pada abad ke vii m 1 sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan pusat kerajaan tulang bawang namun ahli sejarah dr. Naarding memperkirakan lokasi kerajaan tulang bawang berada di hulu way tulang bawang yang terletak di antara menggala dan pagardewa berjarak sekitar 20 km dari pusat kota menggala daerah lampung.

Sebab ketika che li p o chie kerajaan sriwijaya berkembang nama dan kebesaran kerajaan tulang bawang justru pudar. Tidak banyak catatan sejarah yang memberikan keterangan mengenai kerajaan ini. Kerajaan melayu juga sempat berkembang dengan pusatnya di jambi.

Naarding memperkirakan pusat kerajaan ini terletak di hulu way tulang bawang antara menggala dan pagardewa kurang lebih dalam radius 20 km dari pusat kota menggala. Dari ketiga kerajaan itu yang kemudian berhasil berkembang dan mencapai kejayaan adalah sriwijaya. Liu sung shu adalah sebuah kitab sejarah dari masa pemerintahan kaisar liu sung 420 479.

Tidak banyak catatan sejarah yang memberikan keterangan mengenai kerajaan ini. Naarding memperkirakan pusat kerajaan ini terletak di hulu way tulang bawang antara menggala dan pagardewa kurang lebih dalam radius 20 km dari pusat kota menggala. Tidak banyak catatan sejarah yang mengungkap fakta tentang kerajaan ini.

Tulang bawang yang pernah mengalami kejayaan pada abad ke vii m. Musafir tiongkok yang pernah mengunjungi nusantara pada abad vii yaitu i tsing yang merupakan seorang peziarah buddha dalam catatannya menyatakan pernah singgah di to lang p o hwang tulangbawang suatu kerajaan di pedalaman chrqse pulau sumatra. S ampai saat ini belum ada yang bisa memastikan pusat kerajaan tulang bawang namun ahli sejarah dr.

Kitab menjabarkan bahwa pada tahun 499 m ada sebuah kerajaan di wilayah nusantara bagian barat yang bernama. Sejarah cina tertua yang berhubungan dengan daerah lampung berasal dari abad ke 5 yaitu dari sejarah dari kitab liu sung shu. Berdasakan sumber sumber sejarah cina kerajaan yang terbentuk pada masa awal yang ada di daerah lampung adalah kerajaan yang mereka sebut bawang atau tulang bawang.

Yaitu kitab t ai p ing huang yu chi yang ditulis pada tahun 976 983 m disebutkan sebuah kerajaan bernama t o lang p p huang yang oleh g. Menurut catatan tiongkok kuno sekitar pertengahan abad ke 4 pernah ada seorang bhiksu dan peziarah bernama fa hien 337.